loading...

Ringkasan dan Contoh Soal UKKS:Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut Supervisi Akademik

Ringkasan dan Contoh Soal UKKS:Umpan Balik dan Rencana Tindak Lanjut Supervisi Akademik-- Rangkuman Materi
Umpan balik dan menyusun rencana tindak lanjut sangat penting dilakukan oleh kepala sekolah setelah melaksanakan analisis hasil supervisi akademik. Melalui pemberian umpan balik (feedback), kepala sekolah dapat menyampaikan kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis pelaksanaan supervisi akademik, kepala sekolah menentukan rencana tindak lanjut. Setelah melakukan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, analisis hasil dan membuat rencana tindak lanjut, tugas berikutnya adalah membuat laporan.

Latihan Soal

31. Ibu Dina telah melaksanakan observasi kelas bahasa yang diajar oleh Ibu Hani. Saat ini, Ibu Dina menganalisis hasil supervisi akademik. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Ibu Dina adalah melakukan umpan balik kepada Ibu Hani. Hal yang menjadi perhatian Ibu Dina adalah terkait pertanyaan “Menurut Saudara, bagian mana dari pembelajaran tadi yang paling penting? Mengapa demikian?”. Yang dilakukan oleh Ibu Dina adalah langkah-langkah umpan balik yang efektif yaitu ….
a. memberikan penghargaan
b. melakukan sendiri refleksi kritis
c. merencanakan sendiri perbaikan pembelajaran
d. mengembangkan tindak lanjut

32. Pagi ini, jadwal Pak Hasan melakukan umpan balik hasil supervisi akademik Ibu Ina. Namun karena tiba-tiba ada undangan mendadak dari dinas pendidikan, Pak Hasan hanya mengirimkan umpan balik dengan memanfaatkan email ke Ibu Ina. Yang dilakukan oleh Pak Hasan adalah menggunakan metode pemberian umpan balik melalui….
a. langsung
b. verbal
c. lisan
d. non verbal

33. Hari ini Ibu Anik sebagai Kepala Sekolah Matahari sedang melakukan diskusi dengan guru terkait hasil pengamatan pembelajaran. Yang dilakukan oleh Ibu Anik adalah dengan memberikan penguatan kepada guru tersebut dalam suasana akrab. Yang dilakukan oleh Ibu Anik adalah langkah supervisi akademik pada tahap ....
a. umpan balik
b. analisis hasil supervisi
c. diskusi laporan supervisi
d. penilaian supervisi

34. Ibu Rani adalah guru mata pelajaran pada Sekolah Satu Nusa. Hari ini, kepala sekolah memberikan umpan balik kepada Bu Rani terkait hasil supervisi akademik yang telah dilakukan. Kepala sekolah mengatakan kepada Ibu Rani “Saya menyukai kegiatan praktis yang Ibu Rani lakukan. Siswa benar-benar terlibat dalam kegiatan pembelajaran dengan antusias”. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut menunjukkan salah satu langkah umpan balik yang efektif yaitu….
a. melakukan sendiri refleksi kritis
b. merencanakan sendiri perbaikan pembelajaran
c. memberikan penghargaan
d. mengembangkan tindak lanjut

35. Untuk menjaga hubungan dengan guru tetap baik, Ibu Risa sebagai Kepala Sekolah Cahaya Bangsa lebih menyukai umpan balik dengan memberikan komentar terhadap hasil pengamatan proses pembelajaran secara langsung melalui tatap muka. Hal ini agar tidak ada jarak antara kepala sekolah dengan guru. Yang dilakukan Ibu Risa adalah menggunakan metode umpan balik secara ….
a. tertulis
b. verbal
c. tidak langsung
d. non verbal

Selanjutnya: Ringkasan dan Contoh Soal UKKS: Penyusunan Laporan Supervisi Akademik

Sumber: MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR
Supervisi Akademik
Loading...
loading...