Widget HTML Atas

.

Sejarah Terpisahnya Papua dan Papua Nugini

Pulau besar yang membentang antara Papua dan Papua Nugini, secara geografis disebut dengan New Guinea. Bagian barat New Guinea termasuk dalam wilayah Indonesia, Provinsi Papua saat ini. Sedang bagian timur adalah wilayah Papua Nugini. Tapi mengapa sampai terpisah begitu?

Nama New Guinea diberikan oleh pelaut Spanyol bernama Ynigo Ortiz de Retes pada 1545. Dia memberikan nama wilayah itu New Guinea sebab dia menilai orang-orang di sana mirip dengan orang Afrika di pantai Guinea.

Pada tahun 1884, kolonial Inggris di Port Moresby, memproklamasikan bahwa wilayah bagian tenggara New Guinea menjadi wilayah kekuasaanya. Tahun yang sama pula, bendera Jerman dikibarkan di timur laut New Guinea. Kedua peristiwa tersebut telah menyadarkan Belanda.

Belanda kemudian bertindak cepat jika tidak ingin New Guinea bagian barat jatuh kepada kekuasaan bangsa Eropa lainnya. Belanda mengklaim mulai Raja Ampat hingga 141 derajat di bagian timur (garis yang membentang antara timur Kota Jayapura hingga ke Merauke) menjadi wilayah kekuasaannya.

Klaim Belanda ini akhirnya diakui oleh Inggris pada 1895, diikuti oleh pengakuan Jerman pada tahun 1910. Garis batas internasional ini masih berlaku hingga saat ini, yang memisahkan negara Papua Nugini dan Provinsi Papua, Indonesia.

Hari Suroto
Arkeolog di Papua

Sumber: https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20171031110437-445-252349/sejarah-terpisahnya-papua-dan-papua-nugini/
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!