Widget HTML Atas

.

Mendikbud: Guru yang Bocorkan Soal USBN akan Kena Sanksi Tegas

Mendikbud: Guru yang Bocorkan Soal USBN akan Kena Sanksi Tegas-- REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada oknum guru yang terbukti membocorkan soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN).
"Kalau kebocoran soal itu dilakukan oleh guru akan saya berikan pelajaran, untuk membuat jera," ujar Muhadjir di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (22/3).

Muhadjir melanjutkan, saat ini guru diberikan kepercayaan untuk membuat soal ujian. Alasannya karena gurulah yang paling tahu kondisi siswanya. Sedangkan Kemendikbud hanya memberkan kisi-kisi saja sekitar 20 persen dari jumlah total soal ujian.
"Jadi kepercayaan ini harusnya dipegang teguh oleh para guru. Saya percaya guru bisa melakukannya dan bertanggung jawab," katanya.

Namun demikian, jika ada pelanggaran membocorkan soal oleh oknum guru, Muhadjir megegaskan akan memberikan sanksi tegas. "Ini penting untuk membangun karakter bangsa sejak dini. Saya berkeyakinan kalau ingin basmi koruptor itu harus dimulai dari guru yang tidak jujur," tegasnya.

Muhadjir juga menegaskan pihaknya saat ini tengah mengkaji sejumlah aturan yang berpotensi membuat ketidakjujuran guru. "Akan banyak kebijakan yang berkaitan dengan guru yang akan saya rombak yang mengarah kepada membuat guru agar menjadi pengerak kejujuran," ucapnya.

Sumber: republika.co.id
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!