loading...

Ringkasan dan Contoh Soal UKKS: Penyusunan Laporan Supervisi Akademik

Ringkasan dan Contoh Soal UKKS: Penyusunan Laporan Supervisi Akademik-- Rangkuman Materi
Penyusunan laporan supervisi akademik perlu dilakukan sebagai upaya akuntabilitas pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Laporan supervisi akademik diperlukan bagi upaya perbaikan mutu pembelajaran bagi peserta didik, peningkatan profesionalisme guru, dan kepentingan stakeholders di tingkat kabupaten/kota/provinsi. Kepala sekolah dapat memanfaatkan laporan hasil supervisi akademik sebagai bahan pengembangan profesi berkelanjutan misalnya dalam bentuk penelitian tindakan sekolah (PTS).

Latihan Soal

36. Hari ini, Kepala Sekolah Nusa Bangsa melaksanakan supervisi akademik proses pembelajaran. Jadwal supervisi akademik telah disepakati dengan guru termasuk perangkat pembelajaran sudah diperiksa. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan sebagai berikut: saat mengajar, terlihat guru kurang menguasai materi ajar, beberapa siswa terlihat tidak antusias mengikuti pembelajaran, sumber belajar yang digunakan mengandalkan LKS dari penerbit. Rencana tindak lanjut yang dapat diberikan pada guru tersebut adalah ….
a. memberi penghargaan berupa pujian
b. meminta guru untuk belajar mandiri
c. diberi kesempatan mengikuti pelatihan
d. studi banding

37. Kepala Sekolah Tunas Bangsa telah melakukan supervisi akademik dengan menggunakan berbagai macam instrumen. Informasi yang terhimpun dari kegiatan pra observasi yang diisi dengan pengkondisian atau persiapan observasi dan pelaksanaan observasi. Analisis informasi yang terhimpun oleh kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi sering tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kepala Sekolah tersebut memandang telah selesai jika telah mengisi instrumen dan memperoleh data persentasi kinerja. Persentasi yang diperoleh dari penskoran diperlakukan cukup sebagai bahan pembanding dengan standar sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa kinerja guru kurang, cukup, baik, atau sangat baik. Informasi tidak dianalisis dan ditafsirkan hanya cukup disimpulkan saja. Berdasarkan kasus dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di atas, agar supervisi akademik berdampak terhadap peningkatan kinerja guru, hal yang perlu dilakukan adalah ….
a. memberikan pengarahan sebelum supervisi akademik dilakukan
b. merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
c. menyusun prosedur pelaksanaan supervisi akademik
d. menyusun instrumen yang lengkap

38. Berdasarkan hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah, Ibu Anna merasa proses pembelajarannya masih banyak masalah. Adapun masalah yang ditemukan adalah metode pembelajaran didominasi ceramah, lembar kegiatan siswa banyak menggunakan LKS dari penerbit, teknik penilaian berorientasi pada kognitif. Untuk itu Ibu Anna meminta kepala sekolah melakukan supervisi klinis. Salah satu kegiatan dalam rancangan supervisi klinis adalah kepala sekolah bersama Ibu Anna menetapkan aspek-aspek yang harus dilakukan untuk membantu perkembangan keterampilan mengajar. Kegiatan tersebut merupakan siklus supervisi akademis tahap….
a. tahap pertemuan awal
b. tahap observasi mengajar
c. tahap pertemuan balikan
d. tahap penyusunan program

39. Kepala Sekolah Taman Sari rutin menyelenggarakan supervisi akademik dan menyusunnya dalam bentuk dokumen laporan supervisi akademik. Hal ini memberikan dampak positif bagi setiap guru, sehingga mereka memiliki dokumen pembelajaran setiap semester. Setiap guru memanfaatkan hasil supervisi akademik untuk melakukan perbaikan kualitas pembelajaran. Tak terkecuali, Pak Hasan yang memanfaatkan hasil supervisi akademik untuk menyusun karya ilmiah. Tindakah yang dilakukan oleh Pak Hasan adalah ....
a. menyusun supervisi klinis
b. membuat bahan akreditasi sekolah
c. melakukan studi banding ke sekolah lain
d. membuat penelitian tindakan sekolah

40. Pak Handi adalah Kepala Sekolah Bina Bangsa. Pada akhir semester dua, Pak Handi telah menyelesaikan seluruh rangkaian siklus supervisi akademik. Selanjutnya, Pak Handi mengumpulkan semua dokumen perencanaan, pelaksanaan, analisis data, dan pemberian umpan balik dalam satu dokumen. Untuk mendokumentasikan semua data tersebut yang patut dilakukan oleh kepala sekolah sesuai dengan kompetensi yang harus dimilikinya adalah….
a. memberdayakan staf TU untuk membuat laporan hasil supervisinya, karena memberdayakan staf adalah salah satu kompetensi yang melekat pada kepala sekolah
b. membuat laporan sendiri tanpa harus memanfaatkan teknologi informasi (TI), karena untuk menguasai TI adalah hal yang merepotkan dan tidak segera selesai
c. membuat laporan dan mendokumentasikan seluruh proses siklus supervisi akademik menggunakan TI karena dokumen tersebut akan berada selama dibutuhkan pada penyimpanan data
d. membuat laporan dengan menggunakan TI maupun menggunakan teknik manual tidak berpengaruh, sama saja yang penting membuat laporan

Sumber: MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR
Supervisi Akademik
Loading...
loading...