Widget HTML Atas

.

Jenis-jenis Iklan: Iklan Kolom dan Iklan Baris (Definisi dan Contohnya)

Iklan adalah berita pesanan untuk membujuk khalayak ramai membeli/memakai produk/jasa yang ditawarkan. Iklan biasa dipasang di tempat-tempat umum dan media massa (cetak maupun elektronik).

Berdasarkan sifatnya:
- Iklan niaga (bertujuan memengaruhi masyarakat supaya tertarik untuk memiliki, membeli, dan menggunakan produk yang diiklankan).
- Iklan non-niaga (iklan layanan masyarakat yang bertujuan menarik rasa simpati atau dukungan masyarakat terhadap hal yang diiklankan).

Berdasarkan tujuannya:
- Iklan penawaran/permintaan
- Iklan pengumuman

Berdasarkan ruangnya:
- Iklan baris
- Iklan display (iklan kolom)

Berdasarkan ruang atau ukurannya, iklan dibedakan menjadi iklan kolom dan iklan baris. Kolom atau lajur adalah bagian vertikal pada halaman cetak yang dipisahkan oleh garis tebal atau ruang kosong; ruang antara dua garis tegak pada lembar kertas atau halaman buku.

Iklan Kolom
Iklan kolom (display) terdiri atas ilustrasi/ gambar atau foto atau bagan) dan kata-kata.
Iklan kolom dilihat dari ukurannya lebih besar daripada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran, untuk menarik perhatian pembaca.
Iklan kolom berisi penawaran, ajakan, dan rayuan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Di dalam iklan kolom, ada juga iklan pribadi atau keluarga yang berisi informasi atau pemberitahuan kepada umum, misalnya iklan tentang berita pernikahan, berita dukacita, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Selain itu, ada juga iklan layanan masyarakat yang disampaikan oleh pemerintah, misalnya iklan keluarga berencana, kampanye bahaya narkoba, dan sebagainya.

Contoh iklan kolom:

Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan singkat yang hanya terdiri atas beberapa baris di dalam
sebuah kolom. Biasanya, iklan baris ada di sebuah kolom khusus yang berisi berbagai
penawaran, seperti rumah yang disewakan/dikontrakkan, rumah dijual, lowongan pekerjaan, penjualan/pencarian barang, penawaran jasa, dan sebagainya.
Dalam iklan baris, jumlah ruang yang disediakan sangat terbatas. oleh karena itu, biasanya penulisan iklan baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja menghemat biaya pemasangan. Biaya iklan baris dihitung berdasarkan jumlah kata, jumlah baris, panjang (cm), dan untuk berapa kali diterbitkan.
Iklan baris menggunakan bahasa singkat dan padat serta disusun berdasarkan golongan yang sama. Iklan lowongan pekerjaan masuk ke kolom lowongan pekerjaan, sementara iklan penjualan rumah masuk ke kolom properti atau rumah dijual.
Meskipun ditulis singkat serta menggunakan banyak singkatan, isi iklan harus dapat atau mudah dipahami oleh pembaca. Informasi yang disajikan harus lengkap sehingga memudahkan pembaca memahami iklan yang ditawarkan. Selain itu, singkatan-singkatan yang digunakan, harus mudah ditafsirkan atau dipahami oleh pembaca.

Contoh iklan baris:

Contoh Kalimat Iklan yang Sugestif
Iklan adalah suatu bentuk reklame yang menawarkan barang/jasa kepada konsumen. Kalimat iklan yang baik adalah singkat, padat, dan sugestif. Yang dimaksud sugestif adalah bersifat menyadarkan, mempengaruhi.

Jika kita mendengar atau membaca kalimat iklan yang sugestif itu, kita betul-betul tertarik dan ingin memakai atau menggunakan produk/jasa yang diiklankan tersebut. Ingat, ketika seorang pesulap menghipnotis kita, seperti di acara televisi, "Dengarkan sugesti saya." Itu sebenarnya sang pesulap sedang 'menyentuh' alam bawah sadar kita sehingga kita terpengaruh.

Coba bandingkan, mana yang lebih berpengaruh terhadap rasa dan pikiran kita pada kalimat berikut:
1.Dilarang buang sampah di kelas
2.Kelas bersih, pikiranku jernih
Tentu kalimat kedua lebih menarik (sugestif) bukan? Kita disadarkan bahwa dilarang membuang sampah sembarangan di kelas itu mempunyai maksud supaya kelas kita bersih sehingga lebih nyaman untuk belajar.
Kalimat bernada positif (seperti kalimat no.2) lebih sugestif dari kalimat bernada negatif (menggunakan kata tidak boleh, dilarang, jangan, dsb).

Berikut contoh kalimat iklan yang sugestif.

-Minum “Singset Putri”' tubuh lebih langsing, kulit mulus bak putri keraton!
-Griya Anggrek Indah, hunian nyaman keluarga bahagia!
-Basmi nyamuk dengan “Sorafit”, nyamuk hilang tidur tenang!
-Orang pintar minum "Anti Angin"

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!