Widget HTML Atas

.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Gamelan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Gamelan-- Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang dibuat/ ditulis dari hasil observasi di lapangan. Teks laporan hasil observasi memiliki ciri struktur yang terdiri atas: Definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Ciri lainnya adalah informasi yang dimuat dalam teks laporan hasil observasi berdasarkan fakta (faktual), yaitu hasil penelitian/ pengamatan (observasi) yang telah dilakukan.
Berikut contoh teksnya (teks yang singkat saja):

Gamelan Jawa
Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Ini dikarenakan di kota inilah Anda dapat menikmati versi aslinya.
Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa. Gamelan Jawa adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.

Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya.
Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya. Dengan mempelajarinya, kita akan semakin mencintai keberagaman budaya bangsa kita yang sangat kita cintai ini.
Bagian definisi umum: "Yogyakarta adalah tempat.....dst."
Bagian deskripsi khusus (bagian): "Gamelan yang.....dst."
Bagian deskripsi manfaat: "Adanya perbedaan gamelan Jawa......dst."

Sumber: Bahasa Indonesia SMP/MTs, PT. Grafika Dua Tujuh (dengan sedikit pengembangan dari Wikipedia)

Tags: #contoh teks laporan hasil observasi singkat #contoh teks laporan hasil observasi tentang alam #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan #contoh teks laporan hasil observasi hewan #contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan hidup #contoh teks deskripsi #contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya #contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!