Widget HTML Atas

.

Kisi-kisi Soal UAS Sem.Ganjil Mapel PKn Kab.Tabalong (Kurikulum 2006/ KTSP)

Kisi-kisi Soal UAS Sem.Ganjil Mapel PKn Kab.Tabalong (Kurikulum 2006/ KTSP)--
KELAS VII:
1.1 Mendiskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
- Menjelaskan hakikat norma
- Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
- Menguraikan macam-macam norma
- Me- Membedakan norma agama dengan norma-norma yang lain

1.2 Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara
- Menjelaskan pengertian hukum
- Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
- Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara
- Menunjukkan kepatuhan terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari

1.3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlakudalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
- Menberikan contoh penerapan norma, kebiasaan, adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
- Menganalisis akibat yang akan timbul bila tidak menerapkan norma, kebiasaan, adat istiadat yang berlaku

2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
- Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
- Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
- Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan

2.2 Mendiskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama
- Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18 agustus 1945
- Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 agustus 1945

2.3 Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama
- Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama


KELAS VIII:
1.1 Menjelaskan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
Indikator:
1. menyimpulkan pengertian ideology
2. Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dai negara
3. Menguraikan proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara
4. Menjelaskan Pancasila seabagai dasar Negara
5. Menjelaskan Pancasila sebagai ideology Nasioanal

1.2 Menguraikan nilai-nilai Pancasila Sebagai dasar negara dan Ideologi Negara
Indikator:
1. Menjelaskan nilai-nilai Pancasila

1.3 Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Indikator:
1. Menjelaskan Pentingnya sikap Positif terhadap Pancasila.
2. Menunjukan sikap Positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa.

1.4 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat
Indikator:
1. Menampilkan sikap Positif terhadap Pancasila dalam kehidupan Politik
2. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam hukum
3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan Sosial

2.1 Menjelaskan berbagai Konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
Indikator:
1. Menjelaskan pengertian konstitusi
2. mengidentifikasi konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
3. Menjelaskan ketatanegaraan menurut UUD 1945
4. menjelaskan ketatanegaraan menurut konstitusi RIS
5. Menjelaskan sistem ketatanegaraan Menurut UUDS 1950
6. menjelaskan system ketatanegaraan menurut UUD 1945 setelah dekrit presiden

2.2 Menganalisis Penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia
Indikator:
1. Menunjukkan Penyimpangan secara hukum terhadap UUD 1945 pada periode 1945 – 1949
2. Menunjukkan Contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah dekrit Presiden 5 juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi

2.3 Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945
Indikator:
1. Menunjukkan adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945
2. Menjelaskan Proses Amandemen atau perubahan UUD 1945
3. Menunjukkan Pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
4. Menjelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945

2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil Amandemen
Indikator:
1. Menunjukkan sikap Perilaku positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 Hasil Amandemen

3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan Perundang-undangan Nasional
Indikator:
1. Menjelaskan Pengertian Perundang-undangan Nasional
2. Menjelaskan Pentingnya peraturan Perundang-undangan Nasional

3.2 Mendeskripsikan Proses pembuatan peraturan perundang-undangan Nasional
Indikator:
1. Menguraikan bentuk dan tata Urutan peraturan perundang-undangan Nasional
2. Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang.
3. Mendeskripsikan proses pembuatan Peraturan daerah.

3.3 Menaati Peraturan Perundang-undangan Nasional
Indikator:
1. Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan
2. Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan

3.4 Mengidentifikasi kasus korupsi dan upaya perberantasan di Indonesia
Indikator:
1. Mengidentifikasi kasus korupsi didaerah
2. Menunjukkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

3.5 Mengidentifikasi pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan
Kelembagaan) anti korupsi di Indonesia
Indikator:
1. Merumuskan Pengertian Korupsi
2. Menyebutkan landasan hukum pemberantasan Korupsi
3. Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi

KELAS IX:
Menampilkan partisipasi dalam bela negara
Indikator:
-Menyebutkan pengertian negara dan Menguraikan unsur-unsur negara
-Siswa dengan kerjasama dapat merumuskan fungsi negara

Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha bela negara
Indikator:
-Menemukan hak-hak dan kewajiban-kewajiban warga negara

Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara
Indikator:
-Memberikan contoh tindakan upaya bela Negara
-Menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga Negara dalam upaya bela negara

Mendiskripsikan pengertian otonomi daerah
Indikator:
-Menjelaskan pengertian otonomi daerah
-Menjelaskan prinsip-prinsip dan asas pelaksanaan otonomi daerah

Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan public di daerah
Indikator:
-Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah
-Menganalisis konsekuensi tidak aktifnya masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!