Contoh Soal Materi Teks Pidato Persuasif (Kelas IX)
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Indikator:
1. Mampu menjawab informasi yang sesuai dengan isi teks pidato persuasif
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Indikator:
1. Mampu menentukan struktur kutipan teks pidato persuasif
2. Mampu menentukan unsur kebahasaan dalam kutipan teks pidato persuasif
A. Soal Pilihan Ganda
KD 3.3
1. Bacalah teks kutipan pidato berikut!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.Seberapa mahalpun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buahan sebagai kebutuhan utama mereka. Oleh sebab itu, hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
Kalimat di atas yang menunjukkan ajakan adalah ...
a. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.
b. Hentikan merokok, sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
c. Berapapun mahalnya harga rokok tidak dapat menghentikan mereka untuk merokok.
d. Di Cina perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum.
Teks pidato berikut untuk soal nomor 2 - 5
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh. (1)
Yang terhormat Kepala SMP Negeri 2 Muara Uya, yang saya hormati Bapak Ibu Guru beserta karyawan SMP Negeri 2 Muara Uya, serta teman-teman dari kelas VII-IX yang saya cintai. (2)
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena limpahan rahmat serta hidayah-Nya, kita bisa berkumpul pada siang ini dalam acara sekolah bertema “Ayo, Jaga Kebersihan lingkungan Sekolah!”. (3)
Oleh karena, perkenankanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Hadirin yang terhormat,
Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan mudah. Lingkungan yang bersih juga mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman. (4)
Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan sekolah bisa diawali dari diri sendiri. Tindakan yang dapat kita lakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket setiap hari, serta tidak meninggalkan barang-barang di laci yang bisa menjadisarang nyamuk. Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh warga sekolah, marilah bersama-sama menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (5)
Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan. Jika ada ucapan ataupun tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf. (6)
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. (7)
2. Bagian ucapan syukur kepada Tuhan ditunjukkan oleh bagian nomor....
a. 4)
b. 3)
c. 2)
d. 1)
3. Kalimat ajakan yang disampaikan pembicara dalam pidato tersebut adalah
a. Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
b. Oleh karena itu, perkenanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
c. Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
d. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman.
4. Tujuan pidato tersebut adalah ...
a. Memberikan pemahaman pendengar tentang kebersihan lingkungan sekolah.
b. Memberikan informasi pendengar tentang pentingnya kebersihan lingkungan sekolah.
c. Memberikan hiburan kepada pendengar dengan tema kebersihan lingkungan sekolah.
d. Mengajak pendengar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Baca juga: Contoh Soal Menentukan Struktur dan Ciri Kebahasan Pidato Prsuasif
KD 3.4
5. Kata berpartisipasi dalam pidato tersebut mempunyai arti ....
a. Melakukan sesuatu dengan sukarela.
b. Ikut mendukung adanya suatu kegiatan.
c. Berperan serta dalam suatu kegiatan.
d. Orang yang ikut berperan serta dalam suatu kegiatan.
6. Mari kita [...] sampah di tempat sampah agar kota kita terbebas dari masalah banjir!
Kata tepat untuk melengkapi kalimat persuasif tersebut adalah ....
a. membuang
b. membakar
c. mengubur
d. menyimpan
7. Bacalah kutipan isi pidato berikut!
Dewasa ini banyak sekali penyakit baru bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun dalam tubuh kita. Jika sistem imun dalam tubuh kita melemah, maka tubuh mudah sekali terkena penyakit.. Selain itu, makan makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang lebih baik. Bahkan, saat ini lebih banyak penjual makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolah raga.
Berdasarkan ciri kebahasaan, kalimat yang menunjukkan sebab-akibat terdapat pada kalimat nomor ...
a. 1
b. 2
c. 4
d. 5
8. Pernyataan berikut yang termasuk kalimat aktif intransitif adalah ....
a. Riko tertidur di rumah Rayhan.
b. Ani menendang bola dengan kakinya.
c. Rina membaca majalah Panjebar Semangat.
d. Dina makan nasi goreng buatan ibunya.
9. Melihat perkembangan anak remaja sekarang terkadang timbul kekhawatiran kita. Bahkan bingung untuk bersikap. Apakah kita harus memenuhi segala keinginan mereka. Apakah kita membiarkan saja mereka bebas menghabiskan masa remaja. Apakah kita harus menuruti semua kemauan mereka. Supaya kita dianggap orang tua zaman now yang mengerti terhadap perkembangan anak remaja.
Pertanyaan pada kutipan pidato tersebut menggunakan model pertanyaan ...
a. inversi
b. Empati
c. Logos
d. Repetisi
10. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
1) mendaftar pokok-pokok pidato
2) Menentukan tema pidato
3) Menentukan tujuan pidato
4) Mengembangkan kerangka pidato
5) Menyusun kerangka pidato
Susunan yang tepat langkah menyusun pidato adalah....
a. 2)-3)-1)-5)-4)
b. 1)-2)-3)-4)-5)
c. 1)-3)-2)-5)-4)
d. 2)-1)-3)-5)-4)
11. Kalimat persuasi penutup yang tepat adalah ...
a. Masyarakat jangan percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus lampu merah, dan di pinggir-pinggir jalan.
b. Dengan demikian, hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus diteliti terlebih dahulu agar tidak tertipu.
c. Masyarakat hendaknya waspada terhadap sekelompok orang yang meminta sumbangan gempa bumi dan tsunami di pinggir-pinggir jalan.
d. Karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.
B. Soal Uraian
Teks berikut untuk soal no. 1-3!
Saya berada di sini mewakili anak-anak 1)... kelaparan di seluruh dunia yang tangisannya tidak lagi terdengar. Saya berada di sini 2)... berbicara bagi binatang-binatang yang sekarat yang tidak terhitung jumlahnya di seluruh planet ini 3)... kehilangan habitatnya. Saya merasa takut untuk berada di bawah sinar matahari karena berlubangnya lapisan OZON. Saya merasa takut 4)... bernapas karena saya tidak tahu ada bahan kimia apa yang dibawa oleh udara.
(Sumber: Bahasa Indonesia, Kemendikbud, 2018)
1. Bentuk repetisi dalam kutipan pidato tersebut menggunakan kata apa saja? (KD 3.4)
2. Dua kata bergaris bawah tersebut merupakan kata apa? (KD 3.4)
3. Tuliskan kata-kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada kutipan teks pidato tersebut? (KD 3.4)
KUNCI JAWABAN PILHAN GANDA KUNCI JAWABAN SOAL ESSAY
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Indikator:
1. Mampu menjawab informasi yang sesuai dengan isi teks pidato persuasif
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
Indikator:
1. Mampu menentukan struktur kutipan teks pidato persuasif
2. Mampu menentukan unsur kebahasaan dalam kutipan teks pidato persuasif
Baca juga:
- Kisi-kisi Soal PTS Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi
- Kisi-kisi Soal PAS Kelas IX Semester I (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi
A. Soal Pilihan Ganda
KD 3.3
1. Bacalah teks kutipan pidato berikut!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.Seberapa mahalpun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buahan sebagai kebutuhan utama mereka. Oleh sebab itu, hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
Kalimat di atas yang menunjukkan ajakan adalah ...
a. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.
b. Hentikan merokok, sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
c. Berapapun mahalnya harga rokok tidak dapat menghentikan mereka untuk merokok.
d. Di Cina perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum.
Teks pidato berikut untuk soal nomor 2 - 5
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh. (1)
Yang terhormat Kepala SMP Negeri 2 Muara Uya, yang saya hormati Bapak Ibu Guru beserta karyawan SMP Negeri 2 Muara Uya, serta teman-teman dari kelas VII-IX yang saya cintai. (2)
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena limpahan rahmat serta hidayah-Nya, kita bisa berkumpul pada siang ini dalam acara sekolah bertema “Ayo, Jaga Kebersihan lingkungan Sekolah!”. (3)
Oleh karena, perkenankanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Hadirin yang terhormat,
Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan mudah. Lingkungan yang bersih juga mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman. (4)
Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan sekolah bisa diawali dari diri sendiri. Tindakan yang dapat kita lakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket setiap hari, serta tidak meninggalkan barang-barang di laci yang bisa menjadisarang nyamuk. Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh warga sekolah, marilah bersama-sama menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (5)
Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan. Jika ada ucapan ataupun tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf. (6)
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. (7)
2. Bagian ucapan syukur kepada Tuhan ditunjukkan oleh bagian nomor....
a. 4)
b. 3)
c. 2)
d. 1)
3. Kalimat ajakan yang disampaikan pembicara dalam pidato tersebut adalah
a. Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
b. Oleh karena itu, perkenanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
c. Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
d. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman.
4. Tujuan pidato tersebut adalah ...
a. Memberikan pemahaman pendengar tentang kebersihan lingkungan sekolah.
b. Memberikan informasi pendengar tentang pentingnya kebersihan lingkungan sekolah.
c. Memberikan hiburan kepada pendengar dengan tema kebersihan lingkungan sekolah.
d. Mengajak pendengar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Baca juga: Contoh Soal Menentukan Struktur dan Ciri Kebahasan Pidato Prsuasif
KD 3.4
5. Kata berpartisipasi dalam pidato tersebut mempunyai arti ....
a. Melakukan sesuatu dengan sukarela.
b. Ikut mendukung adanya suatu kegiatan.
c. Berperan serta dalam suatu kegiatan.
d. Orang yang ikut berperan serta dalam suatu kegiatan.
6. Mari kita [...] sampah di tempat sampah agar kota kita terbebas dari masalah banjir!
Kata tepat untuk melengkapi kalimat persuasif tersebut adalah ....
a. membuang
b. membakar
c. mengubur
d. menyimpan
7. Bacalah kutipan isi pidato berikut!
Dewasa ini banyak sekali penyakit baru bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun dalam tubuh kita. Jika sistem imun dalam tubuh kita melemah, maka tubuh mudah sekali terkena penyakit.. Selain itu, makan makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang lebih baik. Bahkan, saat ini lebih banyak penjual makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolah raga.
Berdasarkan ciri kebahasaan, kalimat yang menunjukkan sebab-akibat terdapat pada kalimat nomor ...
a. 1
b. 2
c. 4
d. 5
8. Pernyataan berikut yang termasuk kalimat aktif intransitif adalah ....
a. Riko tertidur di rumah Rayhan.
b. Ani menendang bola dengan kakinya.
c. Rina membaca majalah Panjebar Semangat.
d. Dina makan nasi goreng buatan ibunya.
9. Melihat perkembangan anak remaja sekarang terkadang timbul kekhawatiran kita. Bahkan bingung untuk bersikap. Apakah kita harus memenuhi segala keinginan mereka. Apakah kita membiarkan saja mereka bebas menghabiskan masa remaja. Apakah kita harus menuruti semua kemauan mereka. Supaya kita dianggap orang tua zaman now yang mengerti terhadap perkembangan anak remaja.
Pertanyaan pada kutipan pidato tersebut menggunakan model pertanyaan ...
a. inversi
b. Empati
c. Logos
d. Repetisi
10. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
1) mendaftar pokok-pokok pidato
2) Menentukan tema pidato
3) Menentukan tujuan pidato
4) Mengembangkan kerangka pidato
5) Menyusun kerangka pidato
Susunan yang tepat langkah menyusun pidato adalah....
a. 2)-3)-1)-5)-4)
b. 1)-2)-3)-4)-5)
c. 1)-3)-2)-5)-4)
d. 2)-1)-3)-5)-4)
11. Kalimat persuasi penutup yang tepat adalah ...
a. Masyarakat jangan percaya kepada orang-orang yang meminta sumbangan di atas bus lampu merah, dan di pinggir-pinggir jalan.
b. Dengan demikian, hendaknya masyarakat tidak memberi sumbangan begitu saja, tetapi harus diteliti terlebih dahulu agar tidak tertipu.
c. Masyarakat hendaknya waspada terhadap sekelompok orang yang meminta sumbangan gempa bumi dan tsunami di pinggir-pinggir jalan.
d. Karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut karena kami tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.
B. Soal Uraian
Teks berikut untuk soal no. 1-3!
Saya berada di sini mewakili anak-anak 1)... kelaparan di seluruh dunia yang tangisannya tidak lagi terdengar. Saya berada di sini 2)... berbicara bagi binatang-binatang yang sekarat yang tidak terhitung jumlahnya di seluruh planet ini 3)... kehilangan habitatnya. Saya merasa takut untuk berada di bawah sinar matahari karena berlubangnya lapisan OZON. Saya merasa takut 4)... bernapas karena saya tidak tahu ada bahan kimia apa yang dibawa oleh udara.
(Sumber: Bahasa Indonesia, Kemendikbud, 2018)
1. Bentuk repetisi dalam kutipan pidato tersebut menggunakan kata apa saja? (KD 3.4)
2. Dua kata bergaris bawah tersebut merupakan kata apa? (KD 3.4)
3. Tuliskan kata-kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada kutipan teks pidato tersebut? (KD 3.4)
KUNCI JAWABAN PILHAN GANDA KUNCI JAWABAN SOAL ESSAY
Post a Comment for "Contoh Soal Materi Teks Pidato Persuasif (Kelas IX)"
Post a Comment