.

Contoh Soal USBN Mapel Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan)

Posted by

loading...

Contoh Soal USBN Mapel Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan)--
PILIHAN GANDA
1. Dalam kehidupan sehari-hari manusia, norma berperan sebagai...
a. panduan berfikir
b. pengatur tingkah laku
c. keyakinan pribadi
d. pandangan hidup

2.Perilaku untuk hormat kepada orang yang lebih tua merupakan pelaksanaan dari norma ...
a. kesopanan
b. agama
c. kesusilaan
d. hukum

3.Norma dalam kehidupan manusia yang memiliki sanksi
yang tegas adalah norma ...
a. Agama
b. Kesusilaan
c. Hukum
d. Kesopanan

4.Pentingnya menaati hukum yang berlaku dalam masyarakat adalah ...
a. terwujudnya manusia yang hakiki
b.terciptanya ketertiban dan ketentraman
c.terbinanya kebiasaan hidup masyarakat
d.terjaminnya kehidupan ekonomi masyarakat yang lebih baik

5.Yang merupakan faktor pendorong rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan adalah ...
a. Perasaan senasib sepenanggungan akibat belenggu penjajah
b. Pengaruh nilai-nilai adat istiadat
c. Adanya bantuan dan motivasi dari negara lain yang sudah merdeka
d. Kekecewaan terhadap pemerintah Belanda

6.Setelah mencapai kemerdekaan, maka kewajiban kita adalah ...
a. Mensyukuri dengan mengadakan pesta yang meriah
b. Mempertahankan dan mengisinya dengan hal-hal yang positif
c. Berziarah ke makam-makam pahlawan
d. Bekerja tiada henti untuk mengejar ketertinggalam

7. Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai Konstitusi
adalah ...
a. Menjunjung tinggi hukum yang berlaku
b. Berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c. Mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan
d. melaksanakan peraturan yang hanya menguntungkan

8. Contoh hak asasi yang diberikan kepada warga negara Indonesia di bidang politik adalah...
a. memperoleh jaminan kesehatan
b. mendapatkan perlindungan hukum
c. kebebasan berpendapat
d. kebebasan untuk memilih wakil rakyat dalam pemilu

9.Salah satu tujuan dibentuknya KOMNAS HAM adalah...
a. meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM
b. membantu polisi menangkap pelanggar HAM
c. mengadakan pemantauan tentang hak asasi manusia
d. mengadakan perdamaian kepada pihak-pihak yang berselisih

10.Contoh pelanggaran HAM yang dilakukan oleh negara adalah ...
a. pemerintah membuat kebijakan yang ditolak masyarakat
b. kebijakan yang dibuat pemerintah sesuai dengan peraturan
c. pemindahan penduduk secara paksa tanpa ada ganti rugi yang memadai
d. pemerintah membuatkebijakan yang menguntungkan negara

11.Jika kamu melihat seseorang melakukan kekerasan kepada orang lain, tindakan yang sebaiknya kamu lakukan adalah ...
a. menjauh dari tempat kejadian agar tidak terlibat di dalamnya
b. memberikan pukulan kepada orang yang sudah melakukan kekerasan
c. melihat peristiwa tersebut hingga datangnya pihak yang berwajib
d. melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak yang berwenang

12. Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan secara demonstratif di muka umum disebut ...
a. unjuk rasa
b. mimbar bebas
c. Rapat umum
d. pawai

13.Salah satu dampak positif kemerdekaan mengemukakan pendapat adalah ...
a.menyiapkan para demonstran yang pandai berunjuk rasa
b. membiasakan masyarakat berpikir kritis
c. membiasakan Polri siap menghadapi kerusuhan
d. memenuhi tuntutan internasional

14.Kebebasan mengeluarkan pendapat dapat dilaksanakan di lingkungan keluarga, misalnya ...
a. mogok makan karena tidak dibelikan handphone terbaru dari orang tua
b. kepala keluarga menentukan kebijaksanaan di rumah tangga tanpa anggota lain memberikan pendapatnya
c. berembug dengan orang tua untuk menentukan sekolah yang akan dimasuki setelah lulus SMP
d. seorang ibu harus di rumah mengurus suami dan anak

15.memberikan saran dan usul yang bermanfaat bila diadakan musyawarah yang diadakan karang taruna merupakan contoh pelaksanaan sikap membiasakan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab di lingkungan ...
a. keluarga
b. sekolah
c. Masyarakat
d. bangsa dan negara

16. Memecahkan suatu masalah melalui musyawarah adalah pengamalan nilai Pancasila khususnya sila....
a. pertama
b. kedua
c. Ketiga
d. Keempat

17. Partisipasi warga negara dalam mengikuti pemiluKepala Daerahmerupakan contoh dari penerapan sikap positif dalam kehidupan ……………..
a. hankam
b. budaya
c. Politik
d. Ekonomi

18. Konstitusi yang berlaku di Indonesia pada awal kemerdekaan adalah....
a. UUD 1945
b. UUDS 1950
c. UUD RIS
d. UUD 1945 yang diamandemen

19. Penyimpangan yang terjadi masa orde lama
adalah….
a. kepemimpinan terpusat
b. marak korupsi
c. diangkatnya soekarno menjadi presiden seumur hidup
d. pembangunan makin maju

20.. Berdasarkan teori trias politikalembaga yang membuat undang-undang disebut lembaga ….
a. eksekutif
b. legislatif
c. yudikatif
d. Federatif

21. dibawah ini yang bukantermasuk lembaga yang memberantas tindakan korupsi di Indonesia adalah....
a. komnas HAM
b. Kepolisian
c. Badan Pemeriksa Keuangan
d. KPK

22. Istilah demokrasi berasal dari kata demos dan kratos yang berarti ….
a. pemerintahan negara
b. kekuasaan negara
c. pemerintahan rakyat
d. lembaga negara

23. Perwujudan demokrasi Pancasila di sekolah antara lain ………………..
a. mengerjakan ulangan harian
b. ceramah ilmiah
c. diskusi kelompok belajar
d. corat-coret di lingkungan sekolah

24. Menurut teori kedaulatan rakyat kekuasaan negara bersumber dari....
a. negara
b. hukum
c. Tuhan
d. Rakyat

25. Dibawah ini yang bukan merupakan partisipasi politik warga negara adalah………………….
a. memilih presiden
b. memilih wakil rakyat
c. menjadi anggota partai politik
d. menjadi pegawai negeri

26. Negara adalah organisasi kemasyarakatan yang meliputi….
a. Rakyat
b. Rakyat, wilayah
c. Rakyat, wilayah, pemerintah
d. Rakyat, wilayah, pemerintah dan hukum

27. Sedangkan yang termasuk dalam unsur deklaratif berdirinya suatu negara adalah….
a. Rakyat dan wilayah
b. Rakyat, wilayah dan pemerintah yang berdaulat
c. pemerintah yang berdaulat saja
d. pengakuan dari negara lain

28. Salah satu fungsi negara adalah fungsi pertahanan, yaitu….
a. Untuk mencegah berbagai bentrokan dan perselisihan dalam masyarakat
b. Menjaga kedaulatan negara dari serangan baik yag datang dari luar maupun dari dalam negri
c. Mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyatnya
d. Mewujudkan rasa keadilan dalam kehidupan rakyatnya

29. Menurut pasal 27 ayat 3 UUD 1945 membela negara adalah merupakan….
a. Hak warga negara
b. hak dan kewajiban warga negara
c. Kewajiban warga negara
d. hak dan kewajiban pemerintah

30. Salah satu bentuk upaya bela negara di lingkungan sekolah adalah….
a. Mengikuti pelatihan dasar militer
b. Menjadi anggota TNI Polri
c. Mengikuti pendidikan kewarganegaraan
d. Melaksanakan kebersihan lingkungan

31. Perilaku siswa yang menunjukkan upaya membela Negara adalah….
a. Mengikuti kegiatan karang taruna
b. Mengenakan seragam sekolah
c. Belajar dengan giat
d. Mengikuti partai politik

32. Upaya pembelaan Negara dapat diwujudkan oleh setiap warga negara dengan ….
a. Mengikuti upacara bendera hari kemerdekaan
b. Mewujudkan kesenjangan sosial dalam masyarakat
c. Masa bodoh dan acuh tak acuh terhadap orang lain
d. Menyerahkan sepenuhnya tanggungjawab kepada TNI

33. Peran masyarakat dalam rangka bela Negara di lingkungan tempat tinggal adalah ….
a. Wajib militer
b. Pertahanan Sipil (HANSIP)
c. Ikut ke medan pertempuran
d. Ikut partai politik

34. Hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom yang mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat merupakan pengertian dari ….
a. Kewenangan daerah
b. otonomi daerah
c. daerah otonom
d. tugas pembantuan

35. Istilah ‘otonomi’ berasal dari kata ’aotos’ dan ‘nomos’ yang berarti ….
a. Mengatur sendiri
b. Mengatur kelompok
c. Mengatur orang
d. Mengatur peribadi

36. Berikut ini adalah asas-asas pelaksanaan otonomi daerah, kecuali….
a. Desentralisasi
b. Sentralisasi
c. Dekonsentrasi
d. Tugas pembantuan

37. Undang-undang yang mengatur tentang otonomi daerah adalah….
a. UU No. 32 tahun 2006
b. UU No. 32 tahun 2005
c. UU No. 33 tahun 2004
d. UU No. 32 tahun 2004

38. partisipasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan publik dapat berupa….
a. Usul dan saran
b. Protes
c. Demontrasi
d. Melaksanakan kewajiban

39. Konsekuensi jika masyarakat tidak aktif dalam perumusan kebijakan publik adalah….
a. Kebijakan publik yang dirumuskan tidak sesuai dengan keinginan masyarakat
b. Kebijakan publik yang dirumuskan mungkin sesuai dengan keinginan masyarakat
c. Kebijakan publik yang dilaksanakan hanya yang sesuai keinginannya
d. Kebijakan publik dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar

40. Salah satu manfaat apabila masyarakat terlibat dalam proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan public adalah akan terbentuknya suatu masyarakat yang madani, yaitu….
a. Masyarakat yang terdiri berbagai kelompok masyakat yang berbeda dan dapat hidup bersama secara damai
b. Masyarakat yang hanya terdiri dari satu agama mayoritas saja
c. Masyarakat yang modern
d. Masyarakat yang dapat menggabungkan budaya asing dengan budaya lokal

ESSAY
1. Sebutkan pengertian globalisasi dan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia!
2. Apa yang dimaksud dengan politik luar negri Indonesia yang bebas an aktip?
3. Sebutkan dampak positip globalisasi dan sikap yang harus kita ambil dalam menghadapi dampak globalisasi!
4 Sebutkan dampak globalisasi di bidang ekonomi adalah adanya pasar bebas atau perdagangan bebas!
5. Sebutkan alasan mengapa pentingnya prestasi diri bagi bangsa dan negara!


Terima kasih sudah membaca: Contoh Soal USBN Mapel Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan)
Loading...
Bagikan:

Artikel Terbaru:
Sekolah Daring Updated at: 5:39:00 PM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.