Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Slider[Style1]

Galeri Video

Powered by: Youtube

Bahasa Inggris

IPA

IPS

Bahasa Indonesia

Pengetahuan Umum

loading...

Pembacaan meter, merupakan kegiatan membaca indeks meter air yang terlihat pada register atau totalister. Pembacaan tersebut berguna untuk menentukan besarnya tagihan pelanggan tiap bulan berdasarkan volume pmakaian air.

Selaku operator penyediaan dan pelayanan distribusi air bersih untuk wilayah barat Jakarta, Palyja menerapkan dua metode pembacaan meter air. Pertama, dilakukan secara manual, yaitu petugas meter air mendatangi pelanggan untuk mencatat jumlah pemakaian air bersih menggunakan alat yang dinamakan Portable Data Terminal (PDT).
Metode kedua yaitu secara otomatis (Automatic Meter Reading). Jadi, pencatatan meter air dilakukan secara otomatis menggunakan bantuan alat. Sehingga petugas tidak perlu mendatangi pelanggan, karena jumlah pemakaian air bersih setiap bulannya terkirim secara otomatis.
Indeks Meter terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan merah. Warna hitam menunjukan satuan m3, digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan. Sedangkan warna merah menunjukan satuan liter, untuk pengujian meter air.

Berikut anatomi meter air yang digunakan Palyja:


Saat ini, meski dilayani oleh operator swasta, penetapan tarif air bersih di Jakarta ditentukan lewat Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No. 11 tahun 2007.
"Dengan kata lain, tarif air yang berlaku saat ini sama dengan yang berlaku 8 tahun lalu. Belum pernah ada kenaikan tarif," ujar Meyritha Maryanie, Corporate Communications & Social Responsibility/CCSR Division Head Palyja, Jumat (29/1/2015).

Meyritha mengatakan, tarif dasar yang dikenakan kepada pelanggan memang berbeda-beda jumlahnya. Besarnya tarif tersebut dipengaruhi oleh luas bangunan dan juga peruntukan.

Dengan mengenal jenis kelompok tarif yang sesuai, pelanggan dapat menghindari pengeluaran bulanan yang membengkak. Untuk lebih jelas mengenai tarif pelanggan, konsumen dapat menghubungi call center Palyja 24 jam di 2997 9999 atau mengakses langsung www.palyja.co.id.
Untuk wilayah Tabalong, Kalsel, klasifikasi pelanggan dapat dibaca di http://www.pdamtabalong.co.id/v2/index.php?id=klasifikasi-pelanggan

Berikut Simulasi tagihan pemakaian, dapat dicoba di http://www.pdamtabalong.co.id/v2/index.php?id=simulasi-penagihan.

Sumber: metrotvnews.com, kompas.com, pdamtabalong.co.id


Terima kasih sudah membaca: Cara Membaca Meteran Air PDAM dan Tarifnya
Loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
.

Top