Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Slider[Style1]

Galeri Video

Powered by: Youtube

Bahasa Inggris

IPA

IPS

Bahasa Indonesia

Pengetahuan Umum

loading...

Ringkasan dan Contoh Soal UKKS Materi Perencanaan Supervisi-- Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penyusunan perencanaan supervisi akademik yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas yang berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Suatu pembelajaran dikatakan aktif, efektif dan berkualitas, apabila memenuhi persyaratan utama yaitu:
1. presentasi waktu belajar peserta didik yang tinggi dicurahkan terhadap proses pembelajaran;
2. rata-rata perilaku melaksanakan tugas yang tinggi di antara peserta didik;
3. ketepatan antara kandungan materi pembelajaran dengan tingkat kemampuan peserta didik (orientasi keberhasilan belajar) diutamakan; dan
4. mengembangkan suasana belajar yang akrab dan positif, mengembangkan struktur kelas yang mendukung pelaksanaan tugas peserta didik, tanpa mengabaikan hubungan antara guru dan peserta didik.

Dalam penyusunan perencanaan supervisi akademik yang harus dipertimbangkan adalah penyusunan jadwal, tujuan, pendekatan, teknik dan instrumen yang dibutuhkan. Jadwal supervisi akademik harus dikelola dengan baik sehingga terjadwal sesuai dengan kalender pendidikan. Tujuan supervisi akademik perlu ditentukan karena masing-masing guru memilki masalah pembelajaran yang berbeda. Hal ini juga akan berdampak pada penentuan pendekatan dan teknik supervisi akademik. Pendekatan supervisi akademik adalah strategi untuk melakukan kegiatan supervisi akademik. Terdapat tiga macam pendekatan yang dilakukan dalam supervisi akademik yaitu: langsung, tidak langsung dan kolaboratif.
Sedangkan yang dimaksud dengan teknik supervisi adalah alat yang digunakan oleh supervisor untuk mencapai tujuan supervisi itu sendiri yang pada akhirnya dapat melakukan perbaikan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Teknik supervisi akademik meliputi dua macam, yaitu: individual dan kelompok. Hal yang tidak kalah penting adalah kepala sekolah harus menyiapkan instrumen yang diperlukan selama proses pelaksanaan supervisi akademik. Dalam melaksanakan supervisi akademik, perlu membangun kerjasama yang baik dengan guru karena supervisi akademik bukan untuk menilai guru tetapi bersama-sama melakukan peningkatan kualitas pembelajaran. Hasil dari perencanaan supervisi pada topik ini akan digunakan pada topik berikutnya, yaitu pelaksanaan supervisi akademik.

Latihan Soal

1. Setiap awal tahun pembelajaran, Kepala Sekolah Harapan meminta guru menyerahkan dokumen pembelajaran selama satu semester. Tujuannya untuk menyusun program supervisi akademik. Setelah melakukan pengecekan dokumen pembelajaran, kepala sekolah mengajak guru untuk berdiskusi. Sebagian RPP yang dibuat guru masih banyak yang sama, sehingga terkesan copy paste. Untuk itu, kepala sekolah meminta guru untuk memperbaiki RPP sehingga pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif.
Tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut menggunakan prinsip ....
a. konstruktif
b. sistematis
c. kooperatif
d. demokratis

2. Sebagai Kepala Sekolah Tunas Harapan, Pak Bayu menyusun program supervisi akademik bersama-sama dewan guru. Hasil identifikasi permasalahan guru ditemukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian pembelajaran siswa. Untuk itu, kepala sekolah melakukan pendampingan guru dalam menyusun instrumen penilaian pembelajaran siswa sesuai dengan kebutuhan nyata guru tersebut.
Hal yang dilakukan oleh Pak Bayu merupakan prinsip pelaksanaan supervisi
akademik….
a. sistematis
b. objektif
c. praktis
d. kooperatif

3. Hari ini, agenda Kepala Sekolah Nusa Indah adalah rapat dewan guru terkait dengan penyiapan program supervisi akademik. Sebagian besar guru adalah guru senior dengan pengalaman diklat pembelajaran yang cukup banyak. Untuk itu, dalam melaksanakan supervisi perangkat pembelajaran, kepala sekolah cenderung melakukan diskusi dan negosiasi khususnya dalam menetapkan kriteria pencapaian pembelajaran.
Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut menggunakan pendekatan ….
a. direktif
b. nondirektif
c. kolaboratif
d. klinis

4. Sekolah Tunas Bangsa adalah sekolah favorit yang berada di tengah kota. Saat ini, komposisi guru di sekolah tersebut memiliki kesenjangan usia. Banyaknya guru yang pensiun mengakibatkan masuknya beberapa guru muda. Sebagai kepala sekolah yang memiliki komitmen melaksanakan supervisi akademik secara rutin berupaya agar guru senior dengan guru muda melakukan transfer knowledge. Untuk itu, kepala sekolah menyelenggarakan teknik supervisi akademik melalui ….
a. observasi kelas
b. pertemuan individu
c. kunjungan antarkelas
d. menilai diri sendiri

5. Berdasarkan hasil supervisi akademik yang dilakukan menunjukkan bahwa guru-guru Sekolah Tanah Merah dapat diklasifikasikan permasalahan pembelajarannya menjadi 3 yaitu metode pembelajaran belum variatif, teknik penilaian masih berbasis kognitif, dan RPP yang masih mengadopsi sekolah lain. Berdasarkan identifikasi permasalahan tersebut, maka teknik supervisi akademik yang efektif dilakukan oleh Kepala Sekolah Tanah Merah adalah ….
a. teknik supervisi individual
b. teknik supervisi kunjungan kelas
c. teknik supervisi penilaian diri sendiri
d. teknik supervisi kelompok

6. Hari ini, secara tiba-tiba Bu Risna dikejutkan oleh kedatangan kepala sekolah ke kelasnya. Kepala sekolah mengamati proses pembelajaran Bu Risna dengan membawa instrumen supervisi. Bu Risna melihat kepala sekolah menuliskan sesuatu pada lembar instrumen. Setelah pembelajaran selesai, kepala sekolah keluar kelas dan kembali ke ruangan. Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah tidak sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi akademik yaitu ….
a. realistis
b. objektif
c. praktis
d. sistematis

7. Sebagai kepala sekolah yang baru, Pak Sastro, Kepala Sekolah Mentari, menyusun program supervisi akademik. Program tersebut disampaikan pada rapat dewan guru, namun ternyata salah satu guru menolak untuk disupervisi karena menurut guru tersebut proses pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak perlu dinilai oleh kepala sekolah. Tindakan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
a. meminta guru senior untuk menilai kualitas pembelajaran guru tersebut melalui program supervisi akademik
b. memarahi guru tersebut karena menolak supervisi akademik yang harus dilakukan oleh kepala sekolah
c. menjelaskan pada guru tersebut bahwa supervisi akademik dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran bukan untuk menilai guru
d. menerima permintaan guru tersebut untuk tidak disupervisi akademik karena hanya akan menganggu proses pembelajaran yang telah berjalan

8. Ibu Nanda adalah Kepala Sekolah Cahaya. Saat mengikuti pelatihan calon kepala sekolah, Bu Nanda berupaya memahami Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/madrasah khususnya terkait supervisi akademik. Ibu Nanda enggan dan sungkan melaksanakan supervisi akademik karena di sekolahnya terdapat 3 guru senior. Namun demikian, Ibu Nanda harus melaksanakan supervisi akademik sesuai dengan kompetensinya. Berdasarkan kasus tersebut, pernyataan berikut yang melatarbelakangi kepala sekolah tetap melaksanakan supervisi akademik meskipun dengan guru senior adalah ....
a. kepala sekolah mengemban tugas mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia
b. kepala sekolah menjaga kualitas proses pendidikan sehingga perlu quality control yang mengawasi jalannya proses pembelajaran
c. kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik karena guru-guru perlu dibimbing untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan
d. kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing

9. Pak Narji adalah Kepala Sekolah Kaisar yang sedang melaksanakan supervisi akademik. Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran, Pak Narji melakukan pengecekan pengecekan perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan guru terkait dengan dokumen-dokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam pengecekan dokumen, Pak Narji menemukan RPP yang dibuat guru sama dengan guru yang lain, hanya diganti mata pelajaran dan materinya. Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Narji adalah ....
a. membina guru agar menjadi tenaga profesional dalam menyusun RPP
b. meminta guru agar mengikuti diklat penyusunan RPP
c. mendampingi guru dalam menjabarkan silabus menjadi RPP
d. membantu guru mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran

10. Sekolah Bangsaku merupakan sekolah favorit yang berada di tengah kota. Sebagai sekolah favorit, kepala sekolah berupaya menjaga kualitas pembelajaran melalui program supervisi akademik. Saat ini, Pak Hasan selaku kepala sekolah sedang menyusun instrumen observasi ketrampilan mengajar guru kelas A1. Langkah yang dilakukan oleh Pak Hasan merupakan bagian pelaksanaan supervisi akademik pada tahap ....
a. perencanaan
b. observasi
c. umpan balik
d. tindak lanjut observasi

11. Pak Sardi adalah Kepala Sekolah Bintang yang sudah 2 periode menjabat. Saat ini, Pak Sardi sedang menyusun umpan balik terhadap kemampuan Pak Rudy, salah satu guru di Sekolah Bintang, dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa Pak Rudy memiliki ketrampilan mengajar yang baik, perangkat pembelajaran lengkap, belum membuat kisi-kisi, dan rubrik penilaian kurang lengkap. Umpan balik yang akan diberikan oleh kepala sekolah adalah ....
a. merevisi instrumen observasi pembelajaran
b. mendampingi guru dalam menyusun instrumen penilaian
c. membina guru agar melengkapi dokumen pembelajaran
d. meminta guru untuk mengikuti diklat supervisi akademik

12. Ibu Anna telah melaksanakan program supervisi akademik, mulai dari tahap pra observasi, observasi, dan pasca observasi. Saat ini, Ibu Anna telah memperoleh sejumlah data tentang kemampuan guru dalam pembelajaran. Setelah dianalisis, Ibu Anna menunjukkan hasil analisis kepada guru yang bersangkutan. Tindakan Ibu Anna memiliki tujuan ...
a. agar guru memahami temuan dan mengubah perilaku untuk memperbaiki mutu layanan pembelajaran
b. sebagai sarana untuk menilai kinerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
c. agar meningkatkan hubungan yang harmonis antara guru dan kepala sekolah
d. sebagai bukti kepala sekolah melakukan umpan balik setelah melakukan supervisi akademik

13. Pak Naryo adalah Kepala Sekolah Bina Bangsa yang telah menjabat selama 2 tahun. Dalam melaksanakan supervisi akademik, Pak Naryo mengajak guru-guru untuk bersama-sama menyusun program supervisi. Selain itu, Pak Naryo terbuka untuk melakukan diskusi terkait penyiapan program supervisi akademik antara lain menyusun instrumen, jadwal dan perangkat pembelajaran. Tindakan yang dilakukan oleh Pak Naryo merupakan langkah awal yang dilakukan oleh supervisor dalam pelaksanaan supervisi akademik yaitu ....
a. membicarakan rencana pelaksanaan pembelajaran
b. mengembangkan instrumen observasi
c. menciptakan suasana kolegialitas
d. memberikan penguatan kepada guru

14. Sekolah Lintang Utara memiliki guru yang baru saja diangkat. Setelah 3 bulan mengajar, ada beberapa keluhan dari orang tua siswa terkait proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut. Orang tua mendapatkan cerita dari anaknya bahwa guru tersebut lebih banyak memberikan tugas, hanya duduk di meja guru, PR tidak pernah dibahas, dan nilai tidak pernah diberikan. Apabila melaksanakan supervisi akademik terhadap guru tersebut, maka pendekatan supervisi akademik yang harus diambil kepala sekolah adalah ….
a. nondirektif
b. kolaboratif
c. demokratif
d. direktif

15. Ibu Ristya sedang melakukan pemetaan kinerja terhadap guru Sekolah Bintang. Salah satunya adalah Pak Yono. Selama ini Pak Yono dikenal sebagai guru favorit karena mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan. Namun akhir-akhir ini Pak Yono sering terlambat datang, dan kadangkala meninggalkan kelas cukup lama. Apabila akan melaksanakan supervisi akademik terhadap Pak Yono, pendekatan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
a. nondirektif
b. kolaboratif
c. demokratif
d. direktif

16. Sekolah Bina Karya adalah sekolah yang memiliki 2 guru berprestasi tingkat kabupaten. Hal ini berdampak positif pada guru-guru yang lain dalam meningkatkan kualitas kinerjanya. Salah satunya adalah kualitas pembelajaran. Selain itu, guru aktif mengikuti MGMP kabupaten dalam menyusun perangkat pembelajaran, dan pengembangan materi. Peer group teaching juga digiatkan di sekolah ini sehingga ada transfer ilmu kepada guru yang lain. Apabila akan melaksanakan supervisi akademik terhadap guru-guru tersebut, maka pendekatan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
a. nondirektif
b. kolaboratif
c. demokratif
d. direktif

17. Pak Sonjaya adalah Kepala Sekolah Kaisar. Saat ini, Pak Sonjaya ingin memperoleh data objektif tentang aspek-aspek situasi pembelajaran dan kesulitan guru dalam usaha memperbaiki proses pembelajarannya. Teknik yang tepat yang harus dilakukan Pak Sonjaya adalah ….
a. kunjungan kelas
b. observasi kelas
c. pertemuan individual
d. teknik supervisi kelompok

18. Sebagai kepala sekolah baru, Ibu Rina memiliki agenda melaksanakan supervisi akademik. Sebagai tahap persiapan, Ibu Rina melakukan diskusi dengan Pak Randi selaku wakil kepala sekolah bagian kurikulum untuk menyusun instrumen supervisi akademik. Pak Randi memberikan contoh instrumen milik kepala sekolah yang lama. Tindakan yang harus dilakukan oleh Ibu Rina sebagai kepala sekolah adalah ....
a. mengadopsi instrumen tersebut sehingga tidak perlu repot membuat instrumen yang baru
b. menggunakan instrumen tersebut supaya tidak banyak yang menyimpang
c. menetapkan tolok ukur output dan outcome supervisi akademik sebagai dasar menyusun instrumen
d. membandingkan instrumen tersebut dengan instrumen yang ada di internet, selanjutnya membuat yang baru

Selanjutnya: Ringkasan dan Contoh Soal UKKS Materi Pelaksanaan Supervisi Akademik
Sumber:
MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 10


Terima kasih sudah membaca: Ringkasan dan Contoh Soal UKKS Materi Perencanaan Supervisi
Loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post
.

Top