Wednesday, July 26, 2017

Cara Mengunduh (Download) Kartu Komunitas di SIM PKB 2017

Cara Mengunduh (Download) Kartu Komunitas di SIM PKB 2017-- SIM PKB atau Sistim Aplikasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan program Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya demi mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu oleh guru yang bersangkutan. Program ini ditujukan kepada guru dengan kriteria sebagai berikut:
Guru yang sudah terdaftar dapat melakukan pemutahiran data diri. Salah satunya adalah dengan melakukan pemutahiran data foto profil. Berikut langkah-langkah Mengunduh (Download) Kartu Komunitas di SIM PKB 2017:

  1. Siapkan Pas Photo anda dengan size (ukuran) yang diterima oleh aplikasi SIM PKB. Ukuran maksimal yang diterima oleh SIM PKB adalah 250x250 pixel atau 100kb. Jika Pas Photo anda ternyata lebih besar ukurannya, maka resize lah photo anda dengan menggunakan aplikasi MsOffice Picture Manager atau paint dengan ukuran dibawah 250x 250 pixel atau 100kb
  2. Langkah pertama adalah login dengan menggunakan username dan password aplikas SIM PKB yang diperoleh dari ketua komunitasnya pada laman https://paspor.simpkb.id . Dalam hal ini untuk Username berupa No. UKG sementara password berupa kombinasi huruf dan angka atau huruf saja.
  3. setelah berhasil login, silahkan klik tanda Pensil pada menu "Profilku". Pada menu ini anda akan menjumpai beberapa Sub Menu Kelola Profilku diantaranya: (1) Sub Menu Profilku berfungsi untuk mengubah atau Upload Photo anda (2) Sub Menu Data Kontak berisikan data email dan No telp anda (3) Sub Menu Data Kepegawaian berisikan data kepegawaian yang meliputi NUPTK, NIP, Statu pegawai, Pangkat/Gol, kualifikasi, Jenjang dan no UKG (4) Sub Menu Data Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal) memuat data instansi tempat anda bekerja (5) Sub Menu data Mapel memuat data mapel yang anda ampuh (6) Sub Menu data Komunitas memuat data komunitas anda dan (7) Data Kependudukan memuat data NIK, tanggal lahir, usia dan jenis kelamin anda. Terkait dengan mengubah/edit/upload photo, maka Sub Menu yang anda pilih adalah Sub Menu Profilku dengan mengeklik tanda pensil.
  4. Silahkan anda pilih file yang tersimpan dalam perangkat anda baik itu komputer ataupun HP anda. Catatan: file berukuran maksimal 250x250 pixel atau 100kb
  5. Setelah anda selesai memilih, silahkan klik simpan untuk melakukan perubahan.

Jika Foto sudah tersimpan, silahkan Cetak Kartu Anggota Komunitas :
1. Klik Beranda (Profilku)
2. Cari DATA KOMUNITAS
3. Klik GAMBAR PRINTER untuk CETAK KARTU ANGGOTA
4. Kartu Otomatis tersimpan dlm format PDF
5. Cari lokasi (folder) tersimpannya hasil unduhan kartu tersebut
6. Buka file PDF dengan nama KARTU ANGGOTA POKJA tersebut
7. Silahkan Cetak
6. Berikut contoh kartunya:

Semoga bermanfaat...
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Cara Mengunduh (Download) Kartu Komunitas di SIM PKB 2017 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi