Widget HTML Atas

.

(Kisi-kisi Uji) Kompetensi Kepala Sekolah/ Madrasah

(Kisi-kisi Uji) Kompetensi Kepala Sekolah/ Madrasah--

DIMENSI : Manajerial
KOMPETENSI : Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan
INDIKATOR :
Merumuskan visi sekolah/madrasah
Membedakan rumusan visi dan misi
Merumuskan misi sekolah/madrasah
Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah
Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
Mengarahkan perencanaan evaluasi program

KOMPETENSI : Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
INDIKATOR :
Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah
Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program

KOMPETENSI :
Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
INDIKATOR :
Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar

KOMPETENSI : Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
INDIKATOR :
Menganalisis kebutuhan guru dan staf
Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf

KOMPETENSI : Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
INDIKATOR :
Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan

KOMPETENSI : Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik
INDIKATOR :
Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat

KOMPETENSI : Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
INDIKATOR :
Menyusun RKAS
Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)

KOMPETENSI : Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah
INDIKATOR :
Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah

KOMPETENSI : Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
INDIKATOR :
Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah

DIMENSI : Usaha Pengembangan Sekolah
KOMPETENSI : Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
INDIKATOR :
Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi
Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi
Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi

KOMPETENSI : Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
INDIKATOR :
Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah
Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar

KOMPETENSI : Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
INDIKATOR :
Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan

KOMPETENSI : Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
INDIKATOR :
Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

KOMPETENSI : Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
INDIKATOR :
Merumuskan tujuan layanan khusus
Menyusun program unit layanan khusus sekolah
Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah

KOMPETENSI : Mengelola sistem informasi pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
INDIKATOR :
Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan

KOMPETENSI : Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
INDIKATOR :
Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data
Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaian informasi sekolah
Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT

DIMENSI : Kepemimpinan Pembelajaran
KOMPETENSI : Mengembangkan strategi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
INDIKATOR :
Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi belajar.

KOMPETENSI : Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai target optimal
INDIKATOR :
Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
Mendukung iklim pembelajaran akademis
Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar

KOMPETENSI : Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
INDIKATOR :
Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan hal yang terbaik
Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran

KOMPETENSI : Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
INDIKATOR :
Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran

KOMPETENSI : Meningkatkan hasil belajar warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
INDIKATOR :
Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah

DIMENSI : Kewirausahaan
KOMPETENSI : Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah
INDIKATOR :
Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/ madrasah
Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah

KOMPETENSI : Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
INDIKATOR :
Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras
Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja keras
Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekolah

KOMPETENSI : Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah
INDIKATOR :
Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target yang ditetapkan

KOMPETENSI : Pantang menyerah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah
INDIKATOR :
Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang dilakukan
Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah

KOMPETENSI : Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar peserta didik
INDIKATOR :
Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah

DIMENSI : Supervisi
KOMPETENSI : Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
INDIKATOR :
Menyusun program supervisi akademik
Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik
Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat

KOMPETENSI : Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
INDIKATOR :
Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi akademik

KOMPETENSI : Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
INDIKATOR :
Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung (output) supervisi akademik
Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik
Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!